Categories
Virus

Cara menghilangkan/Menghapus Virus Grenam.A di Laptop dengan aman

Cara membersihkan laptop dari virus Grenam.A di pc atau komputer dengan mudah, cepat dan aman – Baru baru ini saya membuka antivirus Windows Defender di laptop asus x441s milik saya lalu membuka tab History > All detected items > View details sehingga terlihat virus yang terdeteksi oleh antivirus windows defender kita. Terlihat formatnya bertuliskan Virus:Win32/Grenam.A dengan level bahaya Severe. Namun demikian, yang namanya virus komputer merupakan program jahat yang dapat merugikan perangkat kita. Mau tidak mau, anda harus menghapus virus tersebut agar tidak menyebar dan laptop anda akan baik baik saja. Untuk menghapus virus tersebut, jangan asal asalan karena bisa saja infeksi virus tersebut malah melebar.
Disini saya akan membantu anda untuk mengetahui bagaimana tips dan trik menghapus virus Virus:Win32/Grenam.A dengan aman di perangkat. Anda dapat menggunakan laptop jenis apa saja seperti asus, acer, axio, lenovo dan hp serta sistem operasi windows XP, 7, 8/8.1 dan Windows 10. Namun, sebelum anda mengetahui bagaimana cara aman menghapus file yang terinfeksi virus Virus:Win32/Grenam.A tersebut, ada baiknya anda mengetahui apa sih virus Grenam.A dan apa saja kemampuan dari virus tersebut. Kita tidak bisa asal-asalan menghapus virus tersebut. Saya akan menjelaskan dengan cara cara singkat dan mudah agar anda tidak akan kebingungan dalam menghadapi virus ini. Juga nantinya anda akan mempunyai pengalaman berharga dalam menangani virus jenis ini.
Virus:Win32/Grenam.A atau Grenam.A merupakan penamaan dari sebuah virus yang diberikan oleh antivirus Windows Defender. Jika anda menemukan pemberitahuan yang bertuliskan “i am sorry”  di dekstop windows 7, maka berarti laptop anda sudah terserang Grename virus! Grename tersebut merupakan singkatan dari G rename. maksudnya adalah penambahan huruf g di depan file yang berekstensi .exe. Disini dapat kita telusuri bahwa file exe (aplikasi, software dan program) windows merupakan file yang akan diserang oleh virus jenis ini. Pada awalnya, terdapat satu file virus induk yang berekstensi exe kemudian menyebarkan diri dengan menginfeksi file exe lainnya. File exe asli, misalkan idm.exe (program untuk Internet Download Manager) biasanya akan berubah nama menjadi gidm.exe, bisa juga tetap idm.exe. Sedangkan file aslinya (idm.exe yang asli) telah disembunyikan atau di hidden oleh virus tersebut. Letak dari file exe yang asli masih tetap dalam satu folder yang sama. Untuk melihatnya, anda dapat masuk ke tab view > centang Hidden files.
Virus Grenam.A ini lebih dikenal dengan virus Ground.exe karena induknya berasal dari file ground.exe tersebut dan terletak di AppData/Roaming partisi C:. Untuk mengatasinya, anda dapat mempelajarinya di artikel Cara menghapus Virus Ground.exe yang telah saya publikasikan sebelum memposting cara menghentikan penyebaran virus ini. Sekali lagi, anda harus berhati hati menghapus virus tersebut. Saya sarankan anda jangan menghapusnya langsung dari antivirus Windows Defender karena penyelesaiannya yang tidak tuntas. Maksudnya adalah, file virus memang bisa di hapus, namun file exe yang asli tetap terhidden atau tersembunyi. Silahkan gunakan antivirus lainnya. Di link atas tadi sudah saya bahas juga mengenai antivirus yang bisa dipakai untuk menghapus virus Virus:Win32/Grenam.A.
Silahkan anda beralih ke postingan yang link KomputerWindows.org berikan. Saya telah mempublikasikan langkah langkahnya beserta gambar dalam bentuk gif (slide per slide) sehingga bisa memudahkan anda untuk melihat tutorialnya. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan saya mengenai tips dan trik menghapus Grenam.A di laptop dan komputer dengan aman, semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat bagi anda. Sekian dan sampai berjumpa di artikel yang akan saya publikasikan lain waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *