Categories
GPEDIT

Cara agar Orang tidak dapat menginstall Aplikasi/Software di Laptop

tips dan trik supaya orang lain tidak dapat install program di pc atau komputer kita | trik mengunci dan mencegah laptop agar tidak dapat install aplikasi – pada umumnya, orang orang menginginkan suatu aplikasi ada di perangkat yang sementara dipegangnya sehingga mau tidak mau orang tersebut harus menyalin atau mendownload file master dari aplikasi tersebut agar nantinya dapat di install diperangkat yang sementara dipegangnya. Jika anda, sebagai pemilik perangkat mungkin tidak masalah menginstall aplikasi apa saja di perangkatnya. Namun bagaimana dengan seseorang peminjam? Takutnya peminjam tersebut menginstall aplikasi yang aneh aneh di perangkat anda. Nah, untuk mencegah agar orang tersebut sebagai peminjam menginstall program atau software yang aneh aneh, maka anda perlu membatasi atau bahkan tidak mengijinkan laptop untuk menginstall aplikasi apapun.
Benar! Untuk dapat mengatasi permasalahan diatas, anda dapat melakukan pembatasan atau pelarangan agar user tidak dapat menginstall aplikasi apa saja di perangkatnya, misalkan laptop, komputer atau pc. Pelarangan tersebut bersifat otomatis sehingga user peminjam tidak dapat mengetahui kalau sudah tidak bisa install apapun di laptop tersebut. Tidak bisa menambahkan aplikasi atau software lagi di perangkat itu. Hanya anda sebagai user pemilik yang mengetahui bagaimana cara membuka pelarangan tersebut.. Tentu hal yang sangat menguntungkan bagi pemilik agar perangkatnya tidak dimasukan program yang tidak diketahui dan tidak memboros harddisk. Cara membuat aplikasi tidak bisa terinstall di laptop ini dapat dilakukan di laptop asus, acer, axio, lenovo, hp dan perangkat lainnya yang bersistem operasi windows 10, 8/8.1, 7 dan XP. Jika anda penasaran, silahkan pelajari langsung mengenai artikel tersebut dengan cermat agar praktek anda berhasil. Anda dapat melakukannya!
Untuk dapat mengunci dan mencegah agar orang lain tidak dapat install aplikasi di pc, kita bisa melakukannya dengan beberapa cara. Yang pertama anda dapat melakukannya dari Group Policy Editor. Silahkan baca artikel mengenai Cara buka Group policy editor jika belum mengetahui cara membukanya. Setelah terbuka, silahkan masuk ke Computer Configuration – Administrative templates – Windows components – Windows Installer. Cari tulisan disable windows installer (untuk win 8/8.1 dan 10 adalah Turn off windows installer). Klik dua kali secara cepat sehingga task baru akan muncul. Pindahkan bulatan ke Enable lalu dibagian option pilih Always dan pilih Ok. Sedangkan untuk tulisan Prohibit User Installs, pindahkan ke Enable dan setting menjadi prohibit user installs (Hide User Installs) dan klik OK. Segera restart laptop anda. Buka gambar full tutorial disini.
Anda juga dapat melakukannya melalui Registry Editor. Silahkan pelajari selengkapnya mengenai Cara buka Registry Editor jika anda belum mengetahui bagaimana cara membukanya. Jika registry editor telah terbuka, silahkan anda masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE – Software – Policies – Microsoft – Windows – Installer. Di layar panel bagian kanan, klik kanan New > DWORD Value – Ubah nama menjadi DisableMSI dan ubah nilai valuenya menjadi 2 (0 : Default, 1 : Admin only, 2 : disable). Jika sudah, silahkan restart komputer anda. Untuk cara kedua ini mungkin hanya bisa berjalan di windows XP dan 7 karena setelah Microsoft – Windows, sudah tidak ada lagi path Installer. Anda mungkin bisa meletakan DisableMSI tersebut tepat di path Windows tersebut untuk win 8/8.1 dan 10. Silahkan dicoba, saya belum pernah mencobanya.
Gimana? Mudah bukan langkah langkah mengenai cara agar laptop tidak bisa install aplikasi? Nah, di artikel selanjutnya telah saya publikasikan bagaimana Cara Mengatasi Laptop tidak bisa Install Aplikasi yang dapat anda pelajari langsung tutorialnya melalui tautan tersebut. Nah, jika anda mengalami masalah atau kegagalan praktek trik ini, silahkan bertanya langsung melalui kolom komentar di blog KomputerWindows.org ini, akan saya jawab setahu saya atau kalian yang berhasil melakukan trik mengunci laptop agar tidak dapat install aplikasi dapat membantu menjelaskan. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan singkat saya mengenai tutorial mengunci laptop untuk tidak dapat menginstall program kali ini, semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat. Sampai berjumpa lagi di artikel yang akan datang. Sekian….

One reply on “Cara agar Orang tidak dapat menginstall Aplikasi/Software di Laptop”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *